[Narasumber] Bimtek Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif

Penulis: Tami Kemala Hari: Jumat, 03 Mei 2024 Jam: 4:03:00 PM Label:


Wah, seru sekali pengalaman menjadi narasumber dalam Bimtek Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Cilacap (KGPC). Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 26-27 April 2024 di Al-Azhar Cilacap.
Bersama Pak Jemmi Adrian Matutina dan Pak Urip Mulyanto, kami bertiga berbagi ilmu dan  pengalaman kepada lebih dari 150 guru hebat di Cilacap. Bayangkan saja, ruang pelatihan penuh sesak dengan para guru yang antusias ingin belajar membuat media pembelajaran yang menarik berbasis teknologi. Acara pembukaannya juga sangat meriah. Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si., selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap, turut hadir memberikan sambutan dan semangat kepada kami semua. 

Nah, dalam bimtek ini, saya dipercaya untuk berbagi tentang cara membuat Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) menggunakan Canva. Canva itu aplikasi desain grafis yang lagi hits, lho. Selain memberikan materi, saya juga langsung praktik langsung dengan peserta. Saya menunjukkan step-by-step cara membuat desain yang menarik dan interaktif. Seru sekali melihat antusiasme Bapak/Ibu peserta. Mereka sangat semangat untuk membuat MPI sendiri meskipun saat itu ada kendala jaringan yang kurang bersahabat. Untungnya, saya dibantu sama beberapa panitia dari KGPC yang juga ahli di bidang ini. Jadi, kalau ada peserta yang kesulitan, bisa langsung dibantu.

Alhamdulillah, bimtek ini berjalan lancar dan sukses. Banyak dari perserta yang mengatakan bahwa kegiatan bimtek yang diinisiasi oleh KGPC ini sangat bermanfaat dan bisa langsung mereka aplikasikan di sekolah masing-masing. Saya berharap, dengan adanya bimtek ini, kualitas pembelajaran di Kabupaten Cilacap bisa semakin meningkat. Dan yang pasti, saya merasa senang bisa berbagi ilmu dan pengalaman dengan para guru hebat di Cilacap. Semoga ke depannya ada lebih banyak lagi kegiatan seperti ini.