PembaTIK 2024

Penulis: Tami Kemala Hari: Sabtu, 03 Agustus 2024 Jam: 9:27:00 PM Label:

PembaTIK (Pembelajaran Berbasis TIK) merupakan sebuah program yang untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran. 

Program ini diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbudristek dengan tujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih efektif, inovatif, dan menarik bagi peserta didik. Dilangsir dari laman PembaTIK, program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi literasi, implementasi, kreasi, serta berbagi dan berkolaborasi dalam lingkup Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Melalui PembaTIK, guru diberikan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam merancang pembelajaran berbasis TIK, serta memilih dan menggunakan berbagai jenis media pembelajaran digital. Dengan demikian, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan sesuai dengan perkembangan zaman. 

Apa saja manfaat mengikuti PembaTIK?
  • Meningkatkan kompetensi literasi TIK
  • Meningkatkan kompetensi implementasi TIK
  • Meningkatkan kompetensi kreasi TIK
  • Meningkatkan kompetensi berbagi dan berkolaborasi
PembaTIK terdiri dari 4 level:
  • Level 1: Literasi
  • Level 2: Implementasi
  • Level 3: Kreasi
  • Level 4: Berbagi dan Berkolaborasi

Berikut adalah jumlah pendaftar PembaTIK dari tahun 2018 hingga tahun 2023.



Tahun 2024 ini, pendaftaran PembaTIK kembali dibuka dan animo para guru untuk mengikuti program ini sangat besar. Hingga pendaftaran ditutup pada 26 Juli 2024, jumlah pendaftar mencapai 319.743 peserta. 



Berikut adalah linimasa pelaksanaan PembaTIK 2024


Program PembaTIK ini memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan menguasai TIK, guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih variatif dan inovatif. Peserta didik pun akan lebih termotivasi untuk belajar karena pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Selain itu, program ini juga dapat membantu mengatasi kesenjangan digital dalam pendidikan. Dengan adanya PembaTIK, diharapkan semakin banyak guru yang dapat memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik.