PELATIHAN KURIKULUM 2013

Penulis: Tami Kemala Hari: Senin, 30 Juni 2014 Jam: 2:53:00 PM Label:


Marhaban Ya Ramadhan…
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN bagi umat Islam yahh.. Semoga kita dapat meningkatkan ibadah kita di bulan Ramadhan ini..Amiiinn..

Hari ini,,,,kucoba buka laptop dan mulai berusaha membuat coretan kembali di blog ini..hahaa.. Berusaha??? Yaaaa…berusahaaa….karena sekarang ini saya lumayan males atau boleh dikatakan males sekali untuk ngeblog. Tapi..dipikir-pikir ya eman2 kalau blog ini diabaikan dan tidak diperhatikan.. Pasti dia sedih dan merasa kecewa.. *plak!!*
Terima kasih untuk yang masih setia berkunjung ke sini. Semoga blog ini memberi kenyamanan bagi Anda…hihihihiii………

Oke fix……..
Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman tentang Pelatihan Kurikulum 2013 atau Kurtilas yang saya ikuti beberapa minggu lalu. Apa yang diperoleh dari pelatihan ini??? BANYAK!! Sekarang saya sedikit mengerti tentang Kurtilas ini. Mengapa hanya sedikit, Tami?? Pelatihan dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore kamu ngapain aja???
Hhmmm… saya katakan sedikit karena setelah pulang dari pelatihan ini, masih saaaaannnggggggaatt banyak pertanyaan2 yang muncul dalam pikiran saya tentang pelaksanaan Kurtilas ini. Initinya, saya belum sepenuhnya mendapat pencerahan….ini salah otak saya mungkin yah..hehehee.. Padahal instrukturnya sudah banyak menjelaskan ini itu…ba bi bu..sampai khatam tapi ya tetep saja saya belum 100% paham..

Pembahasan mengenai Kurtilas, akan saya uraikan dipost berikutnya saja yah. Seperti tulisan saya di atas (monggo ditengok dulu) kali ini saya hanya akan berbagi tentang Pelatihan Kurtilas yang saya ikuti.

Pelatihan yang diadakan LPMP ini berlangsung 5 hari, yakni 16-20 Juni 2014. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir kurang lebih pukul 16.00 WIB. Kalau mau mengikuti jadwal, kegiatan seharusnya berakhir malam hari. Tapi alhamdulillah, atas kesepakatan bersama akhirnya sore hari pun sudah bisa pulang..heheee.. Dalam pelatihan Kurtilas ini, saya masuk dalam kelompok kelas 5, jadi gabung dengan guru2 kelas 5. Eittzz…ada juga guru2 Penjasorkes. Mengapa digabung sama guru Penjasorkes?? Yaaa…karena dalam penerapan Kurtilas nantinya harus ada koordinasi antara guru kelas dengan guru Penjasorkes.

Pelatihan Kurtilas ini dibuat kelompok2 kecil. Saya mendapat bagian kelompok 1 dan beranggotakan 6 orang. Mengapa harus dibuat kelompok2? Sebab, untuk memudahkan dalam pembagian tugas.. Jadi, setiap hari pasti ada tugas yang diberikan oleh IN (Instruktur Nasional) kepada para peserta pelatihan. Satu hari itu tugasnya tidak cukup 1 atau 2 loh…..banyaaaakk….. Mulai dari menganalisis Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator, menganlisis buku guru dan buku siswa, membuat tujuan pembelajaran, latihan mengolah nilai, dan masih banyak lagi sampai membuat RPP. Semua itu harus bisa dilakukan oleh guru, karena ini menjadi makanan pokok bagi guru.. 
Ini dia rincian tugasnya………….cekidooooooottttttttt…………..

Tugas Hari Pertama:
1. Menganlisis KD
2. Mengidentifikasi penerapan Kompetensi Inti (KI) 1 – 4 pada buku siswa
3. Menganalisis Indikator

Tugas Hari Kedua:
1. Menganalisis tujuan pembelajaran
2. Mengidentifikasi pendekatan saintifik pada kegiatan pembelajaran yang ada di buku guru 
3. Menganalisis penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada buku guru dan buku siswa
4. Menganalisis kesesuaian, kecukupan, dan keakuratan materi pada buku siswa
5. Merancang kegiatan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik

Tugas Hari Ketiga:
1. Merancang instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
2. Mengolah nilai untuk mengisi buku raport

Tugas Hari Keempat:
1. Menganalisis video pembelajaran Kurtilas
2. Menelaah RPP Kurtilas
3. Menyusun RPP Kurtilas

Tugas Hari Kelima:
Peer Teaching pembelajaran Kurtilas

Naaaahhh…mabok gak tuh dengan tugas2 di atas??? Heheee.. Mengerjakan tugasnya tidak cukup hanya di tempat pelatihan loh….tapi dibawa pulang juga buat oleh2….dilembur sampai pagiii… Yaaa lumayan ngantuk sih paginya..hehehee. Tapi tetep SEMANGAT untuk mengikuti kegiatan demi kegiatan
Tidak mungkin lah kita diberi tugas kalau tidak bermanfaat…iya kan?? Semua tugas2 itu juga kan untuk pengetahuan kita sebagai guru tentang Kurtilas agar tidak bingung ketika nanti menerapkan di sekolah masing2.
Kalau sudah diberi tugas sebanyak itu, apakah dijamin sudah paham benar tentang Kurtilas?? BELUM… Seperti saya katakan di atas, kalau saya pribadi belum sepenuhnya paham. Mungkin kalau yang lainnya sudah paham…maklumlah,,,saya masih sangat minim pengalaman…
Mungkin karena belum praktik secara langsung juga jadi masih bureng dengan penerapan Kurtilas. Perangkat pembelajaran, seperti buku dan silabus juga belum ada, padahal bulan depan sudah masuk Tahun Pelajaran 2014/2015 dan semua sekolah harus menerapkan Kurtilas.

Tidak boleh pesimis….toh buktinya sudah banyak kok sekolah2 yang menerapkan Kurtilas pada Tahun pelajaran 2013/2014 dan cukup sukses. Saya mencoba mencari informasi dan alhamdulillah ada sedikit pencerahan. Masih butuh diskusi juga dengan yang lain, terutama yang sudah menerapkan.
Oyaahh…tidak lupa Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang sudah diberikan saat pelatihan juga mesti dibaca sampai khatam… Jadi, sebaiknya yang mesti saya lakukan adalah baca modul sampai selesai dulu..hehehee… Tidak boleh maleeeessssssssss……

Untuk pembaca yang lebih paham, semoga bisa berbagi yahhh…
Untuk guru kelas 1, 2, 4 , dan 5 selamat menjalankan tugas baru dengan kurikulum baru

Cukup sekian coretan saya kali ini…… Lanjut dengan pembahasan Kurtilas di post berikutnya………..
Tugas menganalisis KD pada Buku Guru. Amati! Ada beberapa kesalahan penulisan pada Buku Guru


+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 3 Komentar Pengunjung Catatan Tami

28 Juli 2014 pukul 20.13

mau dilaksanakan gimana bila buku siswa dan pegangan guru belum diterima di tiap sekolah, kami bingun yang ada, makasih

Terima kasih Unknown atas Komentarnya di PELATIHAN KURIKULUM 2013
28 September 2014 pukul 14.43

@ONO WASNO Ada soft file..sementara dipakai dulu.. walau belum maksimal yg penting usaha :)

20 Mei 2019 pukul 16.21

terimakasih dan salam sehat selalu

Terima kasih DCAja atas Komentarnya di PELATIHAN KURIKULUM 2013