KURIKULUM 2013

Penulis: Tami Kemala Hari: Sabtu, 05 Juli 2014 Jam: 8:18:00 PM Label:

Teman2, kalau pada post yang lalu saya sudah berbagi cerita tentang pelatihan kurtilas yang saya ikuti, nah sekarang saya akan sedikit menuliskan apa yang saya pahami tentang Kurtilas. Mohon koreksinya kalau salahhhh .. Sekali lagi…..ini yang saya pahami hasil pelatihan Kurtilas, baca modul, dan cari-cari informasi yaaahhh…
Oyahh bahasan saya ini fokus pada Kurtilas di SD….

Kurikulum 2013 atau Kur-13 atau Kurtilas adalah Kurikulum pengganti Kurikulum 2006 atau lebih dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Sebenarnya, Kurtilas ini sudah diterapkan pada Tahun Pelajaran 2013/2014 lalu, hanya saja masih terbatas untuk SD percontohan. Itu pun baru diterapkan di kelas 1 dan 4. Jadi tidak semua SD menerapkan Kurtilas pada tahun lalu. Nah,,,mulai Tahun Pelajaran 2014/2015 ini semua SD harus menerapkan Kurtilas untuk kelas 1, 2, 4, dan 5. Sementara kelas 3 dan 6 akan menerapkan Kurtilas pada Tahun Pelajaran 2015/2016 mendatang. Nunggu antrian yaaahhh...

Apa yang berbeda dari Kurtilas?

1. KARAKTERISTIK
Kalau dalam KTSP, kita mengenal isi atau konten kurikulum yaitu kompetensi yang dinyatakan dalam Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD). Namun, dalam Kurtilas ini kompetensi memuat Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

Kompetensi Inti (KI) memuat 3 aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Ada 4 rumusan KI, yakni:
KI-1 = Sikap spiritual
KI-2 = Sikap sosial
KI-3 = Pengetahuan
KI-4 = Keterampilan
KI setiap kelas isinya berbeda-beda, tapi intinya tetap sama. Hanya saja, semakin tinggi tingkatan kelas, maka semakin kompleks pula cakupan isi setiap KI.

Kompetensi Dasar (KD) dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan pengelompokkan KI.
Kelompok 1 = Kelompok KD untuk sikap spiritual penjabaran KI-1
Kelompok 2 = Kelompok KD untuk sikap sosial penjabaran KI-2
Kelomopk 3 = Kelompok KD untuk pengetahuan penjabaran KI-3
Kelompok 4 = Kelompok KD untuk keterampilan penjabaran KI-4
Untuk SD, silabus dikembangkan sebagai rancangan belajar untuk satu tema.

2. PROSES PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran untuk Kurtilas, menerapkan PENDEKATAN SAINTIFIK. 
Apa itu pembelajaran dengan pendekatan saintifik??
Pembelajaran dengan pendekatan saintifik yaitu pembelajaran dilaksanakan atas dasar prinsip pembelajaran siswa aktif. 
Apakah pada KTSP tidak menuntut siswa aktif??
Tidak demikian. Pada setiap kurikulum yang diterapkan di Indonesia tentu menerapkan pembelajaran siswa aktif, demikian pula pada KTSP. Namun, pada Kurtilas ini lebih ditekankan lagi, di mana guru harus mampu membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Dengan demikian, siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya. Guru tidak menjadi satu-satunya sumber belajar dan sumber informasi. Siswa dapat memperoleh informasi atau pengetahuan dari siswa lainnya juga. Siswa juga dituntut untuk berperan dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. 
Apa saja langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik??
Pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik harus mencakup langkah-langkah sebagi berikut:
1. Mengamati (melihat, membaca, mendengar, menyimak)
2. Menanya (lisan atau tulis)
3. Mengumpulkan informasi/eksperimen
4. Mengasosiasikan/mengolah informasi
5. Mengkomunikasikan/mempresentasikan

Pembelajaran untuk SD tidak lagi dilakukan tiap mata pelajaran, melainkan PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU. Kalau pada KTSP pembelajaran tematik hanya untuk kelas 1, 2, dan 3, pada Kurtilas ini pembelajaran tematik diterapkan pada semua kelas. Kecuali untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, merupakan mapel terpisah.
Untuk Penjasorkes, saya pribadi masih bingung, apakah masuk dalam pembelajaran tematik atau mapel terpisah. Kalau melihat pada buku guru dan buku siswa, Penjasorkes masuk dalam pembelajaran tematik. Namun, ada yang mengatakan nantinya penerapan Penjasorkes akan terpisah. Hhhmmm jujur yang satu ini saya masih bingung  

3. STRUKTUR KURIKULUM 

Struktur Kurikulum 2013

MATA PELAJARAN
ALOKASI WAKTU BELAJAR PER MINGGU
I
II
III
IV
V
VI
Kelompok A
1
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
4
4
4
4
4
4
2
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
5
5
6
5
5
5
3
Bahasa Indonesia
8
9
10
7
7
7
4
Matematika
5
6
6
6
6
6
5
Ilmu Pengetahuan Alam
-
-
-
3
3
3
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
-
-
-
3
3
3
Kelompok B
1
Seni Budaya dan Prakarya
4
4
4
4
4
4
2
Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
4
4
4
4
4
4
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu
30
32
34
36
36
36
Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dapat memuat Bahasa Daerah



Apa itu TEMA dan SUB TEMA??
Seperti yang kita tahu dan sudah saya tuliskan di atas, untuk jenjang SD pembelajaran dilaksanakan dengan tematik terpadu. Dalam pembelajaran tematik KTSP, kita hanya mengenal istilah Tema, di amna satu tema diterapkan untuk 3 minggu. Tidak jauh berbeda dengan tematik KTSP, pada Kurtilas kita akan mengenal istilah TEMA dan SUB TEMA, ada juga PEMBELAJARAN (PB). Berikut penjelasannya:

TEMA, dilaksanakan untuk 3 minggu.
Tema Kelas 1:
1. Diriku
2. Kegemaranku
3. Kegiatanku
4. Keluargaku
5. Pengalamanku
6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitar
8. Peristiwa Alam

Tema Kelas 2: 
1. Hidup Rukun
2. Bermain di Lingkunganku 
3. Tugasku Sehari-hari
4. Aku dan sekolahku
5. Hidup Bersih dan Sehat
6. Air, Bumi, dan Matahari
7. Merawat Hewan dan Tumbuhan
8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Tema Kelas 4: 
1. Indahnya Kebersamaan
2. Selalu Berhemat Energi
3. Peduli terhadap Makhluk Hidup
4. Berbagai Pekerjaan
5. Pahlawanku
6. Indahnya Negeriku
7. Cita-citaku
8. Tempat Tinggalku
9. Makananku Sehat dan Bergizi 

Tema Kelas 5: 
1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar
2. Peristiwa dalam Kehidupan
3. Kerukunan dalam bermasyarakat
4. Sehat itu Penting
5. Bangga sebagai Bangsa Indonesia
6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan
7. Sejarah Peradaban Indonesia
8. Ekosistem
9. Akrab dengan Lingkungan

Setiap tema-tema tersebut, kemudian dijabarkan ke dalam SUBTEMA.
  • Kelas 1 dan 2 --> 1 TEMA terdiri dari 4 SUBTEMA. Setiap SUBTEMA dilaksanakan selama 1 minggu. Jadi, 4 Subtema untuk 4 minggu. 
  • Kelas 2 dan 4 --> 1 TEMA terdiri dari 3 SUBTEMA + PROYEK KELAS. Setiap SUBTEMA dilaksanakan selam 1 minggu, begitu pula dengan PROYEK KELAS. Jadi, 3 Subtema + Proyek Kelas untuk 4 minggu.
  • Setiap Subtema, dijabarkan ke dalam PEMBELAJARAN.
  • 1 SUBTEMA terdiri dari 6 PEMBELAJARAN. Setiap pembelajaran dilaksanakan untuk 1 hari. Jadi, 6 pembelajaran untuk 6 hari atau satu minggu
Kesimpulan:
1) 1 Tema terdiri dari 4 Subtema (Kelas 1 dan 2), 3 Subtema + Proyek Kelas (Kelas 4 dan 5).
2) 1 Subtema terdiri dari 6 Pembelajaran (PB).
3) 1 Tema = 4 Minggu
4) 1 Subtema = 1 Minggu = 6 Hari 
5) 1 Pembelajaran (PB) = 1 Hari



Bagaimana Penilaian dalam Kurtilas?? 
Penilaian pada Kurtilas menggunakan PENILAIAN AUTENTIK.
Penilaian Autentik adalah penilaian dengan menggunakan berbagai teknik penilaian.

Jenis-jenis penilaian autentik
1. Penilaian Sikap 
Masih ingat muatan KI-1 dan KI-2 kan?? Yupzz..benar! KI-1 memuat sikap spiritual dan KI-2 memuat sikap sosial. Untuk menilai kedua sikap ini, bisa menggunakan teknik penilaian berikut:
a. Observasi/pengamatan
b. Penilaian diri
c. Penilaian antarteman
d. Jurnal catatan guru
2. Penilaian Pengetahuan 
Aspek pengetahuan ada pada KI-3. Untuk menilai aspek ini, digunakan teknik penilaian:
a. Tes tulis 
b. Tes lisan
c. Penugasan
3. Penilaian Keterampilan 
Aspek keterampilan ada pada KI-4. Keterampilan dinilai menggunakan teknik: 
a. Penilaian kinerja
b. Penilaian proyek
c. Penilaian portofolio

Oyah…yang perlu kita ketahui dan kita ingat, bahwa untuk penilaiannya tidak lagi menggunakan skala nilai 0–100, melainkan skala 1–4…yaa macam perguruan tinggi gitu. 

Seperti Apa Jadwal Pelajarannya??
Jadwal pelajaran nantinya dibuat per tema/subtema/PB bukan per mapel. Jadi, jadwal akan berubah-ubah setiap minggunya mengikuti tema/subtema/PB yang akan dipelajari.
Contoh jadwal pelajaran bisa lihat di bawah ini


Atau tengok di SINI

Seperti Apakah Model Raport Kurtilas??
Model atau format Raport Kurtilas sangat berbeda dengan Raport KTSP. Contoh model Raport Kurtilas lihat di SINI yah...



SIAP MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013???? HARUS SIAP!!!!!

+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 4 Komentar Pengunjung Catatan Tami

27 Oktober 2014 pukul 17.50

musik nya sejuk....hehehe

Terima kasih M Cucu Mulyana atas Komentarnya di KURIKULUM 2013
4 Januari 2015 pukul 08.52

@muhamad cucu mulyana Terima kasih :)

4 Januari 2015 pukul 08.52

@Retno Raisya Thanks :)

1 November 2020 pukul 21.52

Sangat2 menbantu penjelasannya...terimakasih🙏😁

Terima kasih Unknown atas Komentarnya di KURIKULUM 2013