Group Investigation (GI) adalah salah satu tipe model pembelajaran kooperatif. GI sesuai untuk proyek pembelajaran yang terintegrasi berhubungan dengan hal-hal semacam penguasaan, analisis, dan mensintesiskan informasi yang sehubungan dengan upaya menyelesaikan masalah yang bersifat multi-aspek.
Tokoh terkenal dalam Group Investigation (GI) adalah John Dewey.
Tokoh terkenal dalam Group Investigation (GI) adalah John Dewey.
KOMPONEN PENTING
- Menguasai kemampuan kelompok
- Perencanaan kooperatif
- Peran guru
PELAKSANAAN GROUP INVESTIGATION (GI)
Tahap 1: Mengidentifikasikan topik dan mengatur siswa ke dalam kelompok
Tahap 2: Merencanakan tugas yang akan dipelajari
Tahap 3: Melaksanakan investigasi
Tahap 4: Menyiapkan laporan akhir
Tahap 5; Mempresentasikan laporan akhir
Tahap 6: Evaluasi
- Siswa meneliti beberapa sumber, mengusulkan sejumlah topik, dan mengkategorikan saran-saran.
- Siswa bergabung dengan kelompoknya untuk mempelajari tipik yang telah mereka pilih.
- Komposisi kelompok didasarkan pada ketertarikan siswa dan harus bersifat heterogen.
- Guru membantu siswa dalam mengumpulkan informasi dan memfasilitasi pengaturan.
Tahap 2: Merencanakan tugas yang akan dipelajari
- Siswa merencanakan bersama mengenai: "Apa yang kita pelajari?" , "Bagaimana kita mempelajarinya?" , "Siapa melakukan apa?" , "Untuk tujuan atau kepentingan apa kita menginvestigasi topik ini?".
Tahap 3: Melaksanakan investigasi
- Para siswa mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan membuat kesimpulan.
- Tiap anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilalukan kelompoknya.
- Para siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasi, dan mensintesis semua gagasan.
Tahap 4: Menyiapkan laporan akhir
- Anggota kelompok menentukan pesan-pesan esensial dari proyek mereka.
- Anggota kelompok merencanakan apa yang akan mereka laporkan, dan bagaimana mereka akan membuat presentasi mereka.
- Wakil-wakil kelompok membentuk sebuah panitia acara untuk mengkoordinasikan rencana-rencana presentasi.
Tahap 5; Mempresentasikan laporan akhir
- Presentasi yang dibuat untuk seluruh kelas dalam berbagai macam bentuk.
- Bagian presentasi harus dapat melibatkan pendengarnya secara aktif.
- Para pendengar mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sebelumnya oleh seluruh anggota kelas.
Tahap 6: Evaluasi
- Para siswa salinh memberikan umpan balik mengenai topik tersebut, mengenai tugas yang telah mereka kerjakan, mengenai keefektifan pengalaman-pengalaman mereka.
- Guru dan siswa berkolaborasi dalam mengevaluasi pembelajaran siswa.
- Penilaian atas pembelajaran harus megevaluasi pemikiran paling tinggi.
Sumber:
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Narulita Yusron. 2010. Bandung: Nusa Media.