SEMARAK PERINGATAN HARI KARTINI DI PGSD TEGAL UNNES

Penulis: Tami Hari: Selasa, 24 April 2012 Jam: 12:27:00 AM Label:

Bulan April identik dengan hari wanita, tepatnya jatuh pada tanggal 21 April yang diperingatinya sebagai hari Kartini. Untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita ini, banyak masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di sejumlah daerah ikut serta merayakannya. Berbagai kegiatan diselenggarakan guna memperingati dan menghargai jasa RA Kartini dalam memperjuangkan perempuan untuk mendapatkan  kedudukan sejajar dengan laki-laki.

Tak mau kalah dengan kemeriahan peringatan hari Kartini di tempat-tempat lain, di kampus PGSD UPP Tegal FIP UNNES juga diselenggarakan peringatan hari Kartini yang berlangsung sangat meriah. Kemeriahan tersebut terlihat dari antusiasme para mahasiswa dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan atas kerja sama antara BEM FIP UNNES dengan HIMA PGSD UPP Tegal ini. Kegiatan yang diadakan selama tiga hari mulai 19 April 2012 hingga 21 April 2012 ini terdiri dari beberapa mata lomba, yaitu Futsal Cup Puteri, Photograpy Class Concept Competition (PC3), Master Chef, serta Parade Kartini Kartono.

Futsal Cup Puteri diadakan pada hari pertama, 19 April 2012. Pertandingan ini diikuti oleh 12 tim futsal yang merupakan perwakilan dari tiap rombel. Pertandingan yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini berlangsung sangat meriah. Tidak hanya para anggota tim futsal saja yang bersemangat dalam pertandingan, namun para supporter pun ikut bersemangat dengan menyuarakan jargon-jargon dan menyanyikan lagu-lagu andalannya guna mendukung tim asal rombelnya. Setelah dilakukan babak penyisihan selama dua hari serta babak final pada 21 April 2012, tim dari rombel 4C(b 4c ok) keluar sebagai juara pertama yang berhasil mengalahkan tim dari rombel 4A (GJ United) yang menjadi juara kedua.

Futsal Putri

Kegiatan berlanjut pada hari ketiga, 21 April 2012 yakni lomba PC3, Master Chef, serta Parade Kartini dan Kartono. Setiap rombel mengirimkan satu hasil karya fotografi dengan tema “kebersamaan” untuk lomba PC3. Pemenang lomba PC3 ini adalah rombel 6C dengan judul foto “Namche On Fire” sebagai juara pertama dengan total nilai 190, sedangkan juara kedua berhasil didapat oleh rombel 6A dengan judul foto “Never Ending Of Djakwier Cetem” dengan perolehan nilai 187.

Pameran PC3

Tak kalah menariknya dengan perlombaan sebelumnya, perlombaan Master Chef juga mengundang antusiasme para mahasiswa. Setiap rombel diwajibkan mengirimkan satu master chef perempuan yang didampingi oleh dua asisten laki-laki. Kreativitas para peserta terlihat dari makanan hasil olahan mereka yang berbahan dasar tahu putih. Beberapa potong tahu mereka sulap menjadi makanan yang membuat perut kriuk kriuk, mulai dari diubah menjadi sayur, gorengan, pepes, hingga rolade. Tidak hanya itu, kelihaian para chef dan asistennya pun teruji dengan membuat pelengkapnya, yakni dengan membuat minuman yang cocok untuk disajikan bersama makanan utama yang berbahan dasar tahu putih tersebut. Setelah dua jam para juri melihat proses pembuatan makanan beserta minuman di dapur dan mencicipi hasilnya, maka diputuskan pemenangnya ialah dari rombel 6A, yang diwakili oleh Chef Turniasih serta dua asistennya, Ngatour Rokhman dan Beny Asyhar. Mereka menyajikan “Deta Yammiii” sebagai makanan utama dan “Geger Manis’e Imel” sebagai minumannya.

Turniasih, Beny Asyhar, Ngatour

Usai perlombaan Master Chef, kegiatan berlanjut pada cara puncak yaitu Parade Kartini Kartono. 11 pasang Kartini Kartono perwakilan tiap-tiap rombel menunjukkan kebolehannya dalam berlenggak lenggok di atas karpet hijau, di lobi kampus. Tidak hanya itu, mereka juga diuji wawasannya dengan menjawab pertanyaan yang dipilihnya secara acak. Performa setiap peserta juga menjadi salah satu kriteria penilaiannya. Para peserta diberi kesempatan untuk menampilkan bakatnya di depan para juri dan penonton. Ada yang menyanyi lagu pop, keroncong, campursari, macapat, serta membacakan puisi. Setelah melewati proses penjurian, akhirnya dewan juri yang terdiri dari Ibu Ika Ratnaningrum, Bapak Sigit Yulianto, dan Bapak M. Fathurrohman, memutuskan juara pertama Parade Kartini Kartono diraih oleh Eka Pratiwi (6A) dan Dani Sahulekha (6B). Untuk juara kedua ialah Rismadiani Kurnia (6B) dan Ikhwan F (2E), serta juara ketiga Anggina F (2C) dan M. Furqon Riyadi (6A).

Furqon (Kartono), Eka (Kartini), dan para perias

Kemeriahan rangkaian kegiatan peringatan hari Kartini tersebut juga tidak lepas dari semangat para supporter. Panitia penyelenggara kegiatan memutuskan adanya juara supporter terheboh, yang berhasil didapat oleh rombel 2D.
Kegiatan peringatan hari Kartini seperti ini baru pertama kali diadakan di kampus PGSD UPP Tegal FIP UNNES. Semoga ini bukan yang pertama dan terakhir. Kami tunggu kegiatan-kegiatan tahun berikutnya.



BANGKITLAH WANITA INDONESIA!!!

+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 2 Komentar Pengunjung Catatan Tami

25 Agustus 2013 pukul 11.35

^_^

Terima kasih Tami Kemala atas Komentarnya di SEMARAK PERINGATAN HARI KARTINI DI PGSD TEGAL UNNES
9 September 2016 pukul 14.16

kae apa mufidatul alias uu

Terima kasih Unknown atas Komentarnya di SEMARAK PERINGATAN HARI KARTINI DI PGSD TEGAL UNNES