PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA

Penulis: Tami Hari: Kamis, 26 April 2012 Jam: 12:45:00 AM Label:


Rendahya pendidikan di Indonesia membuat Indonesia mengalami krisis SDM yang potensial. Salah satu penyebabnya adalah masih belum meratanya pendidikan di negara kita, sehingga belum menjangkau masyarakat kalangan bawah secara optimal, dikarenakan biaya pendidikan yang dianggap masih cukup berat. Untuk masyarakat Indonesia yang berada di tingkatan ekonomi menengah ke bawah tentu akan lebih memilih memikirkan bagaimana mereka melanjutkan hidup daripada membayar mahal demi mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Salah satu persoalan dalam ketenagakerjaan adalah tidak meratanya keterampilan yang dimiliki antara tenaga kerja yang satu dengan yang lainnya. Ada tenaga kerja yang berketerampilan rendah karena faktor biaya dalam pendidikan, namun ada pula yang berketerampilan tinggi hingga jenjang perguruan tinggi.
Rendahnya kualitas SDM di Indonesia tidak semata-mata kesalahan pemerintah ataupun sistem pendidikan di Indonesia saja. Masih banyak pelajar yang merasa sekolah bukanlah suau kebutuhan, melainkan merupakan tekanan bagi mereka. Ada juga di antara mereka yang mampu membayar mahal untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas malah tidak memiliki daya juang tinggi dalam hal pendidikan. Inilah yang menyebabkan SDM di Indonesia masih tergolong rendah.
Pendidikan merupakan proses peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang memiliki peranan dominan dalam kehidupan manusia. Hasil yang ingin dicapai dalam proses pendidikan adalah terbinanya sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan tuntutan pembangunan, yaitu sosok manusia Indonesia seutuhnya yang bisa memecahkan persoalan hari ini dan masa mendatang. Pendidikan juga merupakan suatu proses pembudayaan nilai-nilai, yang kemudian nilai-nilai tersebut dapat diterapkan dalam bentuk kerja nyata di lapangan.
Pertumbuhan ekonomi tidak hanya digantungkan pada faktor modal semata, karena jika suatu saat modal menjadi langka maka yang terjadi adalah merosotnya pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya,. jika pertumbuhan ekonomi dibekali dan didukung oleh SDM yang berkualitas, maka pertumbuhan ekonomi dapat semakin membaik
Dalam ketenagakerjaan cukup tampak perbedaan antara orang yang berketerampilan atau mempunyai SDM berkualitas dan yang mempunyai SDM rendah. Orang yang mempunyai SDM tinggi umumnya memiliki jabatan yang lebih tinggi, karena mereka dianggap mampu mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar dibandingkan orang yang mempunyai SDM rendah. Kemajuan suatu organisasi atau perusahaan sangat ditentukan oleh orang-orang yang ada di dalamya. SDM berkualitaslah yang dimiliki oleh orang-orang yang berkependidikan cukup karena dalam proses pendidikan, seseorang dididik dan dibekali berbagai macam ilmu dan pengetahuan yang nantinya akan diterapkan saat terjun langsung di masyarakat.

+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 1 Komentar Pengunjung Catatan Tami

20 Desember 2013 pukul 16.13

Makasih sudah berbagi ilmu ..............................



bisnistiket.co.id

Terima kasih Unknown atas Komentarnya di PENTINGNYA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA