KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL

Penulis: Tami Hari: Minggu, 21 Oktober 2012 Jam: 11:30:00 AM Label:

Lama gak corat coret blog karena saya sibuk PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) guys…heheheee.. simak cerita saya seputar PPL…yuuuuuuuukkk

Senin, 30 Juli 2012 tepat di bulan Ramadhan 1433 H penerjunan mahasiswa PPL dilakukan serentak di semua jurusan UNNES. Saya dan 8 teman lainnya (Titin, Itsna, Sari, asih, Risa, Ratna, Furqon, dan Insan) didampingi koordinator dosen pembimbing (Pak Fatur) meluncur ke SDN Randugunting 4 Kota Tegal. Setibanya di sana, sambutan hangat dari warga sekolah sungguh saya rasakan. Hari pertama menginjakkan kaki di SD ini, belum berpikir apa yang akan saya lakukan selama kurang lebih 3 bulan ke depan.

Pemandangan berbeda yang saya temukan di sini. Setiap hari saya disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa. Anak-anak berlarian dihalaman sekolah. Lucu…menggemaskan…menyebalkan…mengesalkan…hhmmm anak-anak. Sudah tak heran saya menemukan anak yang berkelahi, menangis, nakal, dan yang lainnya. Benar-benar pengalaman menghadapi anak SD saya dapatkan. Ketika pembelajaran di kelas, anak ribut sendiri, bermain dengan temannya, ini sungguh menjengkelkan. Tapi ibu memaklumi karena bermain adalah dunia kalian. Maaf yahh anak-anak…ibu sering memarahi kalian. Bukan karena ibu benci tapi karena ibu sayang kalian. Tapi mungkin kalian belum bisa memaknainya.

Zacky Al Arsyaq Afriyanto, salah seorang siswa kelas 1. Pintar dan ganteng, itu kesan pertama waktu saya melihatnya. Ketua kelas yang belum tahu tugasnya sebagai pemimpin di kelas…hehehee maklum masih kelas 1. Nakal dan suka berkelahi…hmmm. Sepertinya dia calon preman hahaa. Kata-kata yang kuingat, “Bu, saya tidak suka lagu anak-anak…saya suka lagu orang besar tapi yang metal”. Seketika itu saya kaget. Ya Allah anak sekecil itu bisa berbicara demikian. Inilah dampak sedikitnya penyanyi kecil yang menyanyikan lagu anak-anak.
“Bu, nanti kalau sudah besar rambut saya mau dipanjangkan biar seperti metalica…metaaaaaaaall”.
“Metalica itu apa, Zacky???”.
“Punk, Bu”.  Lucu lucu lucu…….Zacky.
Pernah juga pada saat saya masuk ke kelas 1 karena guru kelas tidak rawuh, ada suatu hal yang membuat saya tersenyum dan sedikit tersentuh.
"Bu guru,,,saya mau nulis nama bu Tami di buku biar saya ingat terus sama bu guru". Dan saya hanya senyam senyum melihat tingkahnya :)
Ya ampun anak kecil...lucu kamu Nak...hahaaa...

20 Oktober 2012 pun tiba. Penarikan mahasiswa PPL dilakukan serentak di semua tempat termasuk SDN Randugunting 4 Kota Tegal. Kami ber-9 memasuki satu per satu ruang kelas untuk berpamitan. Tak kuat menahan butiran air mata ini ketika harus mengucapkan selamat tinggal pada siswa. Yang lebih mengharukan, mereka tak rela kami beranjak dari SD ini. Mereka ingin kami tetap bersama mereka. Belajar bersama…bermain…bercanda. Beberapa siswa pun tak bisa menyembunyikan kesedihannya karena kami harus benar-benar pergi. Lebay??? Tak apalah saya dibilang lebay karena menangis di hari itu.
“Pak…Bu…hati-hati yahhhh”
“Pak…Bu…saya minta maaf kalau perilaku saya menyinggung bapak dan ibu”
“Jangan lupakan kami…………………”

Kami juga minta maaf Nak karena kami masih banyak kekurangan dalam membimbing dan mengajari kalian selama ini. Sejujurnya kami juga ingin tetap di sini menemani kalian. Tapi waktulah yang memisahkan. Jangan sedih sayang…… Semoga kita dipertemukan kembali dilain waktu dan kesempatan.

Terima kasih pak Pujianto, B.A (kepala sekolah) atas bimbingan dan petuah-petuahnya selama kami di sini. Terima kasih bapak dan ibu guru semua. Bu Heru, Bu Rumaeni, Bu Yanti, Pak Harjo, Bu Nita, Bu Ida, Bu Vivin, Bu Suaeni, Bu Romlah, Bu Nurjanah, Pak Agus, Bu Ana. Terima kasih karena telah sabar membimbing kami. Terima kasih atas keterbukaan bapak dan ibu. Terima kasih atas semua pengalaman yang telah dibagikan. Maaf kami sering merepotkan. Jangan lupakan kami, mahasiswa UNNES PGSD Tegal. Mas Harjo dan Bu Ipah, terima kasih juga untuk minuman dan makanan ringan yang disajikan setiap hari.

Tak lupa terima kasih juga untuk semua siswa SDN Randugunting 4 Kota Tegal. Tetap semangat belajar dan nurut pada bapak dan ibu guru yah Nak. Zacky,Aqilla, Iqbal, Fajar, Rafa, Zahra, Faulita, Safia, dan yang lain anak-anak kelas 1 yang masih polos dan lucu. Zahra, Shelly, Akbar, Fadil, Bayu, Rafi, Listiya, dll murid kelas 2 yang anteng-anteng karena memang jumlahnya hanya 17 anak hehee. Kevin, Akbar, Teguh, Azmi, dll kelas 3 yang kami sebut dengan "kelas neraka" karena super duper ramai dan jago berantem. Anggita, Ayu, Deby, Lingga, Petik, Fajar, Zidan, Haydar, dll kelas 4 yang rame tapi aktif dalam pembelajaran. Alvien, Febry, Chayyi, Putri, Anlene, Salma, Winda, Oksa, dan anak-anak kelas 5 lainnya yang cuma nurut dengan bu Ida tapi dengan mahasiswa PPL kurang nurut hahaa. Mulyo, Elang, Aprian, Mirza, Robby, Arif, Devi, Raysha, beserta anak-anak kelas 6 lainnya yang bakal slalu kami ingat karena slalu memperhatikan kalau pembelajaran.

Fierda Sagita, kelas VI, terima kasih untuk puisi yang kamu buat khusus untuk kami. Bagus dan akan ibu simpan. Untuk Deni Prasetyo, kelas V, terima kasih juga atas kenang-kenangannya walaupun itu nyasar hahaa. Sebenarnya kami tak mengharapkan itu, yang kami inginkan, kalian jangan pernah lupakan kami karena kami akan slalu mengingat kalian.

Untuk teman-teman seperjuangan saya di SDN Randugunting 4 Kota Tegal, selamat melanjutkan tantangan di depan yang semakin berat. Oktober 2013 sudah menunggu kita. SEMANGAT!!! SANTAP!!!

Insan, Risa, Tami, Itsna, Asih, Sari, Ratna, Titin, Furqon
Anak kelas 1 lucu dan menyenangkan 
Kekompakan anak kelas 1
Kelas 6 yang ngangenin
Kelas 6 yang banci kamera hehee
Kelas 5 yang super ribut
Saya dan Zacky
Jalan Sehat
 Goyang Balon di Kegiatan Tengah Semester 
 Mahasiswa PPL dan para juara lomba

 Perpisahan bukanlah akhir segalanya

+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 8 Komentar Pengunjung Catatan Tami

Anonim
21 Oktober 2012 pukul 07.59

bu,,, kangen,,,

Terima kasih Anonim atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL
Anonim
26 November 2012 pukul 20.34

Aku be kangen
BY: Aprian Ceria S (paling mbadung)

Terima kasih Anonim atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL
2 Desember 2012 pukul 07.48

hahaa

Anonim
17 Juni 2013 pukul 14.37

bu kapan mene manaing.....

Terima kasih Anonim atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL
23 September 2013 pukul 11.54

kapan2 yah :D

Terima kasih Tami Kemala atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL
29 April 2020 pukul 03.58

Buu aku udah gede:'v

Terima kasih Anonymouse atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL
Anonim
6 Maret 2021 pukul 13.32

Buu guruu ak dah mw sma hehe:V

Terima kasih Anonim atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL
27 Juli 2022 pukul 10.18

Assalamualaikum ibu
Saya fierda sagita yang membuat puisi untuk ibu
Gak kerasa ibu udah 10 tahun kita gak bertemu lagi
Saya Sekarang udah menjadi mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia, sekarang saya sedang kkn dan mengajar ke anak" sd,yang dirasakan ibu waktu itu saya rasakan juga saat ini
Semoga ibu sehat dan selalu semangat mengajar
Terimakasih sudah membuat masa" sd saya berkesan hingga sekarang

Terima kasih sagitafs atas Komentarnya di KENANGAN PPL DI SDN RANDUGUNTING 4 KOTA TEGAL