DEFINISI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

Penulis: Tami Kemala Hari: Senin, 16 September 2013 Jam: 9:51:00 PM Label:

Berikut adalah definisi BELAJAR menurut beberapa ahli yang saya kutip dari beberapa sumber: 
Sardiman (2011: 21): “Belajar adalah rangkaian kegiatan jiwa-raga, psikofisik untuk menuju ke perkembangan pribadi manusia seutuhnya, yang berarti menyangkut unsur cipta, rasa, dan karsa, ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik”. 
Garret dalam Sagala (2010: 13): “Belajar merupakan proses yang berlangsung dalam jangka waktu lama melalui latihan maupun pengalaman yang membawa pada perubahan diri dan perubahan cara mereaksi terhadap suatu perangsang tertentu”. 
Hamalik (2009: 37): Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku melalui interaksi dengan lingkungan. 
Purwanto (2011: 38-9): “Belajar merupakan proses dalam diri individu yang berinteraksi dengan lingkungan untuk mendapatkan perubahan dalam perilakunya”. 
Trianto (2009: 16): Belajar merupakan perubahan pada diri individu yang terjadi melalui pengalaman, dan bukan karena pertumbuhan atau perkembangan tubuhnya, maupun karakteristik seseorang sejak lahir. 
Syamsudin (2000) dalam Taufiq, Prianto, dan Mikarsa (2011: 5.4): Belajar adalah proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku. 

Sumber:

Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Taufiq, Agus, Puji Lestari Prianto, dan Hera Lestari Mikarsa. 2011. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana. 






Berikut adalah definisi PEMBELAJARAN menurut beberapa ahli yang saya kutip dari beberapa sumber:
Hardini dan Puspitasari (2012: 10): “Pembelajaran adalah suatu aktivitas yang dengan sengaja untuk memodifikasi berbagai kondisi yang diarahkan untuk tercapainya suatu tujuan, yaitu tercapainya tujuan kurikulum”. 
Siddiq, Munawaroh, dan Sungkono (2008: 1.9): Pembelajaran adalah suatu upaya yang dilakukan guru untuk membelajarkan siswa yang belajar. 
Sagala (2010: 64-5): Pembelajaran adalah kegiatan yang dirancang oleh guru untuk membantu siswa mempelajari suatu kemampuan dan atau nilai yang baru dalam suatu proses yang sistematis, melalui tahap rancangan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Rifa’i dan Anni (2009: 193): Pembelajaran merupakan proses komunikasi antara guru dan siswa, serta antara siswa yang satu dengan lainnya. 
Trianto (2009: 17): Pembelajaran merupakan interaksi dua arah dari seorang guru dan siswa, di mana antara keduanya terjadi komunikasi yang intens dan terarah pada suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sumber:

Hardini, Isriani dan Dewi Puspitasari. 2012. Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori, Konsep, dan Implementasi). Yogyakarta: Familia.
Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Siddiq, M. Djauhar, Isniatun Munawaroh, dan Sungkono. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.



Kalau mau menyalin tulisan ini mohon sertakan sumber yah :) Lebih baik lagi kalau lihat sumber aslinya :) 
Terima kasih......