Berbagi Praktik Baik "PETIK TEKI" di SD Negeri Ciruyung 03

Penulis: Tami Kemala Hari: Minggu, 22 Oktober 2023 Jam: 11:49:00 PM Label:



Pada hari Rabu, 18 Oktober 2023 pukul 08.00-10.30 WIB saya melakukan kegiatan berbagi praktik baik di SDN Ciruyung 03, Kecamatan Karangpucung.
Kegiatan ini dijadikan sebagai kegiatan In House Training (IHT). Semua guru dan karyawan SDN Ciruyung 03 mengikuti kegiatan ini, yakni sebanyak 10 orang. Dengan keterbatasan tempat dikarenakan gedung sekolah sedang dilakukan renovasi, tapi para guru sangat antusias untuk belajar bersama.



Saya membagikan praktik baik yang sudah saya lakukan terkait penerapan beberapa platform teknologi dalam pembelajaran, yang saya kemas dalam PETIK TEKI.

Untuk mengawali kegiatan, saya mengajak peserta melakukan pemanasan dengan memberikan kuis. Sebanyak 10 pertanyaan terkait pengetahuan tentang Implementasi Kurikulum Merdeka dan Platform Pembelajaran Digital saya berikan menggunakan Kahoot. Peserta cukup antusias mengikuti kuis ini. Di akhir kuis, saya menanyakan bagaimana perasaan peserta. Menurut para paserta kuis menggunakan Kahoot seperti ini sangat menarik bagi peserta. Dari sini lah saya kemudian memberikan pemahaman bahwa penggunaan Platform pembelajaran seperti Kahoot ini bagi guru pun menarik, apalagi jika diberikan kepada murid. Tentu murid juga akan sangat antusias dalam pembelajaran.


Selanjutnya, saya membagikan inovasi pembelajaran yang sudah saya lakukan di sekolah. Beberapa dokumentasi saya tunjukkan agar para peserta mendapat gambaran tentang pelaksanaan pembelajaran tersebut. Harapan saya, para peserta bisa terinspirasi dari praktik baik yang saya bagikan ini.


Di akhir kegiatan, saya berbagi kepada para peserta cara menggunakan Kahoot, mulai dari cara membuat akun, cara membuat pertanyaan, hingga cara membagikan tautan kuis kepada murid. Yang sangat saya apresiasi dari SDN Ciruyung 03 ini, semua guru sudah bisa mengoperasikan gawai karena sekolah ini memiliki Chromebook. Di akhir kegiatan, saya mebgajak para peserta untuk bisa memberdayakan Chromebook sekolah dalam pembelajaran yang berpusat pada murid.






+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 4 Komentar Pengunjung Catatan Tami

25 Oktober 2023 pukul 18.13

Luar biasa sekali sangat bermanfaat, lain kali semoga bisa mampir lagi memberikan inovasi pembelajaran yang lainnya

Terima kasih stai putra galuh atas Komentarnya di Berbagi Praktik Baik "PETIK TEKI" di SD Negeri Ciruyung 03
25 Oktober 2023 pukul 18.38

Saya merasa tergugah, karena saya belum sepenuh melaksanakan pembelajaran berbasis IT, dgn adanya berbagi praktik baik yg dilakukan oleh narsum memacu semangat saya dalam melakukan pembelajaran...

Terima kasih Kang Iwan Priyatna atas Komentarnya di Berbagi Praktik Baik "PETIK TEKI" di SD Negeri Ciruyung 03
Anonim
25 Oktober 2023 pukul 20.12

Luar biasa bu guru yang satu ini,sangat menginspirasi sekali.semoga semakin menginspirasi guru-guru yang lain dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran

Terima kasih Anonim atas Komentarnya di Berbagi Praktik Baik "PETIK TEKI" di SD Negeri Ciruyung 03
Anonim
26 Oktober 2023 pukul 04.35

Saya sangat terinspirasi oleh praktik baik yang telah dilaksanakan oleh narasumber dalam penggunaan IT, sebelumnya saya belum maksimal dalam menggunakan IT.

Terima kasih Anonim atas Komentarnya di Berbagi Praktik Baik "PETIK TEKI" di SD Negeri Ciruyung 03