PembaTIK Level 4 Tahun 2023

Penulis: Tami Kemala Hari: Rabu, 11 Oktober 2023 Jam: 4:22:00 PM Label:


Setelah melewati Level 1 (Literasi), Level 2 (Implementasi), dan Level 3 (Kreasi) alhamdulillah saya menjadi salah satu dari 31 peserta yang berhasil LOLOS ke Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi). Level 4 ini dilaksanakan pada tanggal 6-25 Oktober 2023 dengan alur sebagai berikut

Sama seperti Level 1 - 3, pada Level 4 ini peserta kembali mempelajari modul secara mandiri dengan materi sebagai berikut:
Modul 13: Publikasi Karya Tulis untuk Pengembangan Profesi Guru
Modul 14: Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Platform Teknologi
Modul 15: Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial

Selain mempelajari modul, masih ada Tugas Akhir yang harus diselesaikan di Level 4 ini. Ini adalah level puncak, sehingga tugas yang diberikan pun cukup banyak. Ada 4 tugas yang harus diselesaikan, yaitu:

  1. Merancang Inovasi Pembelajaran
  2. Kegiatan Berbagi Inovasi Pembelajaran
  3. Vlog Inovasi Pembelajaran 
  4. Blog Inovasi Pembelajaran

Aspek penilaian mencakup:

  1. Aspek kebermanfaatan, yaitu implementasi model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid dengan memanfaatkan Platform Teknologi dalam pembelajaran sesuai kebutuhan dan didiseminasikan dengan baik melalui kegiatan tatap muka/maya pada wilayah sekitar sekolah/kota/kab/provinsi.  
  2. Aspek kreativitas dan inovasi, memuat kreatifitas peserta dalam aktifitas berbagi dan berkolaborasi praktik inovasi pembelajaran secara tatap muka/maya, serta jenis dan jumlah dokumentasi praktik baik melalui berbagai kanal.
  3. Aspek teknis, memuat kejelasan maupun kemenarikan tampilan dan struktur isi media dokumentasi dan publikasi yang didistribusikan melalui blog & vlog.

Dari 31 peserta Level 4 Provinsi Jawa Tengah, akan disaring menjadi 5 peserta yang nantinya menjadi finalis untuk dipilih satu orang menjadi DUTA TEKNOLOGI KEMENDIKBUDRISTEK 2023.