Berbagi Praktik Baik "PETIK TEKI" di SD Negeri Pangawaren 02

Penulis: Tami Kemala Hari: Selasa, 24 Oktober 2023 Jam: 8:14:00 PM Label:


Pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 pukul 09.00-10.30 WIB saya melakukan kegiatan berbagi praktik baik di SDN Pangawaren 02, Kecamatan Karangpucung.
Sebelumnya, saya berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepala Sekolah dan guru SDN Pangawaren 02 untuk meminta izin akan mengadakan kegiatan berbagi praktik baik. Saya membagikan praktik baik yang sudah saya lakukan terkait penerapan beberapa platform teknologi dalam pembelajaran, yang saya kemas dalam PETIK TEKI. Meskipun pada hari itu tidak semua guru hadir dikarenakan ada kegiatan dalam rangka HUT PGRI, tidak menyurutkan semangat saya untuk berbagi. Di sekolah hanya terdapat 6 guru yang berpartisipasi dalam kegiatan berbagi yang saya lakukan.

Daftar hadir peserta


Kegiatan diawali dengan mengenalkan Kahoot kepada peserta, dikarenakan ternyata Kahoot masih cukup asing bagi guru-guru di SDN Pangawaren 02. Peserta cukup antusias dalam menjawab pertanyaan. 

Selanjutnya, saya membagikan inovasi pembelajaran berbasis TIK dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Saya juga menayangkan beberapa dokumen terkait penerapan model pembelajaran ini yang terintegrasi beberapa platform pembelajaran.


Di akhir sesi, salah satu peserta yaitu Bu Sarah menanyakan bagaimana cara menggunakan Quizizz mode kertas untuk asesmen pembelajaran. Saya pun menjelaskan secara rinci mulai dari cara membuat pertanyaan, mencetak barcode, hingga cara murid menggunakan koertas berisikan barcode tersebut.

Semoga praktik baik yang saya bagikan ini dapat menginspirasi guru-guru yang lain.