PembaTIK Level 1 Tahun 2023

Penulis: Tami Kemala Hari: Rabu, 11 Oktober 2023 Jam: 1:10:00 PM Label:


PembaTIK (Pembelajaran berbasis TIK) adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT) Kemendikbudristek untuk peningkatan kompetensi guru dalam kegiatan belajar, mengajar, dan berkarya untuk mendukung terciptanya inovasi pembelajaran dengan mengedepankan pemanfaatan platform teknologi. PembaTIK terdiri dari 4 Level, yaitu Level 1 (Literasi), Level 2 (Implementasi), Level 3 (Kreasi), dan Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi). Berikut adalah alur pelaksanaan Level 1 (Literasi)

Source: https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/pembatik



Pada PembaTIK Level 1, ada 4 Modul yang dipelajari secara mandiri oleh peserta pada tanggal 18-28 Juli 2023. Materi setiap modul tersebut mencakup:
Modul 1: Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah
Modul 2: Perangkat TIK untuk Pembelajaran
Modul 3: Perangkat Pembelajaran Kolaboratif
Modul 4: Pemanfaatan Media Sosial untuk Pembelajaran

Di akhir pembelajaran Level 1 ini, peserta diwajibkan mengerjakan tugas akhir dan ujian akhir. 

Tugas Akhir Level 1 dilaksanakan pada tanggal 29-30 Juli 2023 dengan membuat resume dari salah satu Video Inspirasi Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Ujian Akhir Level 1 dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2023 dengan mengerjakan sejumlah soal untuk menguji pemahaman peserta mengenai materi yang ada pada modul. Peserta hanya diberikan satu kali kesempatan mengerjakan ujian akhir dengan durasi waktu 90 menit.

Pengumuman kelulusan PembaTIK Level 1 dikirimkan melalui email belajar.id masing-masing peserta pada tanggal 2 Agustus 2023. Dari email tersebut juga diberikan link untuk masuk ke dalam kelas Implementasi Level 2.



Penasaran bagaimana keseruan dan manfaat yang diperoleh di PembaTIK Level 2?