[INOVASI PEMBELAJARAN] Belajar Seru Bersama PIKA

Penulis: Tami Kemala Hari: Jumat, 18 Oktober 2024 Jam: 5:28:00 PM Label:

 

Di era sekarang ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pembelajaran berbasis teknologi menawarkan cara yang lebih menarik, interaktif, dan efektif untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

Pembelajaran berbasis teknologi memungkinkan adanya personalisasi pembelajaran, sehingga setiap peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan belajarnya masing-masing. Tidak hanya itu, teknologi juga dapat memberikan umpan balik yang instan sehingga peserta didik dapat mengetahui sejauh mana pemahaman mereka terhadap suatu materi.

Pada kesempatan ini, saya akan membagikan pengalaman terkait inovasi pembelajaran yang sudah saya lakukan, yaitu Belajar Seru Bersama PIKA (Platform Interaktif Komprehensif, dan Asyik).

Pada pembelajaran kali ini, saya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diintegrasikan beberapa platform teknologi pada mata Pelajaran IPAS materi MAGNET. STAD adalah model pembelajaran yang menempatkan peserta didik dalam kelompok-kelompok kecil dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda untuk menguasai materi dalam menyelesaikan tugas kelompok secara kolaboratif.

 Tujuan pembelajaran kali ini adalah:

  1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian magnet.
  2. Peserta didik dapat menjelaskan sifat-sifat magnet.
  3. Peserta didik dapat menjelaskan jenis-jenis magnet.
  4. Peserta didik dapat menyebutkan bentuk-bentuk magnet.

Tahap pertama, yaitu penyampaian materi.

Saya menyampaikan materi terkait magnet secara klasikal kepada peserta didik.

Tahap ke-2 adalah pembentukan kelompok.

Peserta didik dibagi menjadi 3 kelompok secara heterogen berdasarkan kesiapan belajarnya, profil belajar, dan minat belajar peserta didik.

Tahap ke-3 adalah belajar kelompok.

Secara berkelompok, peserta didik berkolaborasi untuk memahami materi magnet menggunakan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) PIKA. PIKA merupakan media yang saya kembangkan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Pada media ini, selain berisi materi Pelajaran, juga berisi kuis dalam bentuk permainan dan juga soal-soal asesmen.

Tahap ke-4 yaitu Kuis individu.

Peserta didik secara individu mengerjakan kuis menggunakan platform gimkit yang sudah saya persiapkan sebelumnya.

Tahap ke-5, perhitungan skor,

Skor individu yang peserta didik peroleh selanjutnya dihitung untuk mendapatkan skor kelompok.

Tahap ke-6 adalah reward.

Kelompok dengan peringkat skor tertinggi mendapatkan penghargaan.

 

Di akhir pembelajaran, peserta didik mengerjakan asesmen melalui PIKA, yang kemudian hasil dari asesmen tersbut mereka kirmkan melalui whatsapp group.

Dalam mengikuti pembelajaran ini, peserta didik Nampak gembira karena pembelajaran berpusat pada peserta didik dan disesuaikan dengan kebutuhan belajar mereka. Adanya permainan yang diintegrasikan dalam pembelajaran, menjadikan mereka mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan lebih santai namun tetap serius untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman yang bermakna.

 

Demikian inovasi pembelajaran yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

 

Mari bersama-sama menciptakan ekosistem pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mengintegrasikan teknologi dalam setiap aspek pembelajaran. Dengan menyediakan berbagai pilihan sumber belajar dan strategi pembelajaran yang sesuai, guru dapat memastikan bahwa semua peserta memiliki kesempatan yang sama untuk mencapai potensi terbaiknya.

 

#PembaTIK2024
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
#MerdekaBelajar
#BLPTKemendikbudristek
#mediapembelajaraninteraktif