Kali ini, saya akan membagikan inovasi pembelajaran yang saya lakukan di kelas saya, yang saya beri nama PETIK TEKI, Pembelajaran tambah asyik dengan teknologi kekinian.
Di
zaman di mana teknologi semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan
kita, pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK menjadi
salah satu alternatif pelaksanaan pembelajaran.
Untuk
memenuhi kebutuhan belajar murid, Sebelum melaksanakan pembelajaran, saya
terlebih dahulu membuat rancangan kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil
asesmen diagnostik.
Pada
pembelajaran kali ini, saya menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games
Tournamen) pada pembelajaran Matematika materi Mengenal Bentuk pada kelas 1
dengan memanfaatkan beberapa platform pembelajaran. Mengapa saya menggunakan
TGT? Karena TGT merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan unsur
turnamen dan permainan dalam bentuk kuis. Jadi, sesuai dengan karakteristik
murid Sekolah dasar, terlebih kelas satu, yaitu senang bermain.
Tujuan pembelajaran kali ini adalah:
- Peserta didik dapat mendeskripsikan benda berdasarkan bentuknya
- Peserta didik dapat mengenal bentuk dasar, yaitu segitiga, segiempat, dan bentuk lengkung
- Peserta didik dapat memberi nama bentuk benda
Tahapan
pertama pada model TGT adalah tahap pengajaran. Dimana saya menjelaskan materi
berbagai bentuk benda menggunakan powerpoint yang saya proyeksikan ke layar.
Disini saya melibatkan murid dalam kegiatan belajar mereka dengan cara meminta
mereka untuk satu persatu maju menunjukkan ciri-ciri bentuk segitiga,
segiempat, dan bentuk lengkung.
Berdasarkan hasil asesmen diagnostik, saya mengelompokkan murid ke dalam 3 kelompok atau tim secara heterogen. Sehingga pada tahapan kedua dari TGT, yaitu tahap belajar tim, mereka secara berkelompok mempelajari kembali materi berbagai bentuk benda menggunakan MPI (multimedia pembelajaran interaktif) yang sudah saya buat.
Pada
MPI ini terdapat penjelasan materi berupa gambar dan tulisan yang dapat
mengakomodasi murid dengan gaya belajar visual. Selain itu terdapat juga suara
yang menjelaskan materi berbagai bentuk benda, ini untuk memfasiliasti murid
dengan gaya belajar auditori. Sementara itu, murid dengan gaya belajar
kinestetik dapat terfasilitasi dengan adanya permainan dalam MPI terkait materi pelajaran.
Selanjutnya, pada tahapan ke-3 yaitu tahap turnamen, mereka melakukan pertandingan dengan menjawab beberapa pertanyaan pada platform Kahoot. Turnamen ini dilakukan secara berkelompok. Saya menyiapkan masing2 satu gawai untuk setiap tim. Pada tahapan ini, setiap tim berkompetisi untuk bisa secara cepat dan tepat menjawab setiap pertanyaan agar mendapat nilai tertinggi.
Dari
pembelajaran yang saya lakukan ini saya memahami bahwa penting sekali bagi kita
seorang guru untuk bisa menuntun murid sesuai kodratnya, salah satunya yaitu
kodrat zaman. Kita harus bisa mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
secara bijak agar menghadirkan pembelajaran bermakna bagi murid.
Demikian
inovasi pembelajaran yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan
menginspirasi.
Note:
Inovasi
pembelajaran ini saya bagikan pada Bukti Karya PMM.
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar
+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 8 Komentar Pengunjung Catatan Tami
Inovasi pembelajaran berbasis TIK yang telah dilakukan sangat menarik dan inovatif serta sesuai dengan kodrat zaman peserta didik yaitu generasi alfa yg sangat lekat dengan teknologi. Hal ini juga sejalan dengan kodrat anak yang masih senang bermain. Kegiatan yang dilakukan sangat membuat siswa merasa senang sekaligus menciptakan pembelajaran bermakna pada murid. Siswa senang, pembelajaran berjalan lancar, asik dan menyenangkan.
Terima kasih Rina Meida Hafitriana atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKIDi era ini di sebut dengan ere digital, di mana di usia dini jenjang sekolah dasar kelas 1 harus mulai di tanamkan pendidikan berbasis TIK.
Terima kasih Wagiman atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKIUntuk memacu pembelajaran yang lebih baik lagi mengikuti perkembangan jaman.
Dalam pembelajaran yang di lakukan bu Kemala sangat luar biasa terus berkarya dan berinvestasi untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.
Sangat menginspirasi 😍😍
Terima kasih Kang Iwan Priyatna atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKIPembelajaran pada kurikulum merdeka sudah terlihat dengan dilakukan nya assessment diagnostik, jadi pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebutuhan murid, Pembelajaran terlihat asyik dan menyenangkan, anak-anak terlihat bahagia, juga penggunaan TPACK yang beragam mulai dari penggunaan tampilan ppt, MPI, kahoot, dan quizizz sudah dikenalkan oleh bu Kemala untuk siswa kelas 1, sesuai dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara bahwa tujuan pendidikan agar anak selamat dan bahagia juga sesuai dengan kodrat zamannya sudah sangat mengena. Semoga praktik baik yang dilakukan bu Kemala, bisa saya terapkan di kelas saya.
Terima kasih Anonim atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKISangat menginspirasi bu... semoga bisa mepraktikan di sekolah saya
Terima kasih Isma Nuryani atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKISangat menginspirasi,semoga saya sendiri bisa ikut mempraktikannya di kelas saya
Terima kasih Arifah atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKISangat menginspirasi saya untuk mempraktikan pembelajaran berbasis TIK dalam pembelajaran di kelas saya
Terima kasih Anonim atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKIInovasi yang bagus untuk dicontoh.
Terima kasih Hani Dwi atas Komentarnya di Inovasi pembelajaran PETIK TEKI