[WEBINAR] SERAYU

Penulis: Tami Kemala Hari: Sabtu, 21 Oktober 2023 Jam: 9:39:00 PM Label:


Webinar Series Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap bertajuk SERAYU (SHARING EDUKASI RUANG BELAJAR YANG UNGGUL) diselenggakan pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 pada pukul 08.00-11.00 WIB. 

Webinar ini merupakan kegiatan berbagi dan berkolaborasi yang dilakukan oleh saya beserta dua orang Sahabat Teknologi dari Kabupaten Cilacap, Bapak Sigit Purnama, S.Pd. dan Bapak Jemmi Andrian Matutina, S.Pd. serta Sahabat Teknologi dari Papua, Ibu Riana Puspitasari, S.Pd., M.Pd. Sebelum melaksanakan webinar ini, kami melakukan audiensi terlebih dahulu dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap pada hari Rabu, 11 Oktober 2023.



Webinar dibuka oleh Bapak Drs. Sadmoko Danardono, M.Si kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap. Beliau menyampaikan bahwa guru harus mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan memanfaatkan TIK dalam pembelajaran karena dapat membantu murid dalam mencapai tujuan pembelajaran dan mengarahkan pada pembelajaran yang bermakna. Lingkungan pendidikan harus menumbuhkan kemandirian. Guru harus selalu belajar dan berinovasi terkait dengan pemanfaatan TIK karena ini adalah tuntutan zaman. Beliau juga mengucapkan selamat dan mengapresiasi para peserta PembaTIK Level 4.

Drs. Sadmoko Danardono, M.Si - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap


Selanjutnya adalah opening speech oleh Bapak Fakhrudin Sujarwo, S.Sos, Duta Teknologi tahun 2018. Beliau mengapresiasi terselenggaranya Webinar ini. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam Level 4 ini, peserta harus berbagi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. Pembelajaran digital merupakan salah satu alternatif pembelajaran di era 4.0 ini. Beliau juga mengajak para peserta webinar untuk mengaktifkan akun belajar.id dan dimanfaatkan untuk mengakses beberapa platform teknologi guna melakukan pembelajaran.

Fakhrudin Sujarwo, S.Sos - Duta Teknologi Tahun 2018


Narasumber pertama, Bapak Sigit Purnama, S.Pd. dari SMPN 2 Kesugihan, Cilacap membagikan praktik baiknya yang berjudul VIRAL METER (Inovasi Pembelajaran Digital dengan memanfaatkan MAJARKOMPTER (Inovasi Pembelajaran dengan memanfaatkan bahan ajar digital). Beliau menjelaskan secara rinci penggunaan media pembelajaran ini dalam pembelajaran di sekolahnya. Manfaat MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif) ini memberikan manfaat yang signifikan untuk proses pembelajaran dan membantu peserta didik mencapai potensi belajar mereka secara penuh.

Sigit Purnama, S.Pd. - SMPN 2 Kesugihan

Narasumber kedua, saya sendiri Kemala Purna Utami, S.Pd. membagikan praktik baik yang berjudul PETIK TEKI (Pembelajaran Tambah Asyik dengan Teknologi Kekinian). Saya memaparkan praktik baik penggunaan Kahoot, Quizizz, dan MPI pada pembelajaran Matematika materi mengenal bentuk benda. Saya juga memaparkan pembelajaran digital sangat penting di era sekarang ini. Kesimpulan dari inovasi pembelajaran yang saya lakukan adalah:
  • Murid dengan gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik dapat terfasilitasi
  • Murid terlibat aktif dalam pembelajaran
  • Murid dapat belajar mandiri
  • Meningkatnya keterampilan murid dalam bekerjasama
Ada 4 orang peserta yang mengajukan pertanyaan dan pendapat terkait praktik baik yang sudah saya paparkan.
  1. Pak Bastian: Apa tantangan dalam menerapkan pembelajaran yang menarik seperti ini untuk anak yang belum bisa membaca?
  2. Bu Asri: Bagaimana mengondisikan kelas dengan jumlah murid yang banyak?
  3. Pak Sumarno: Apakah model pembelajaran ini sudah sering diterapkan? Bagaimana cara mengatasi kejenuhan saat pembelajaran? Jika setiap hari dilakukan pembelajaran seperti ini, bagaimana dampaknya?
  4. Bu Dwi Nuri: Memberikan usul untuk membentuk komunitas praktisi terkait inovasi pembelajaran di Kabupaten Cilacap.

Kemala Purna Utami, S.Pd. - SDN Sidamulya 01 Karangpucung


Narasumber ketiga adalah Ibu Riana Puspitasari, S.Pd.Gr., M.Pd dari SMK YPA 3 Urfu, Papua yang membagikan praktik baiknya terkait pembelajaran dengan menggunakan canva sebagai media pembelajaran interaktif. Meskipun sarana dan prasarana yang terbatas di sekolahnya, tidak membatasi beliau untuk terus melakukan inovasi pembelajaran.

Riana Puspitasari, S.Pd.Gr., M.Pd dari SMK YPA 3 Urfu


Narasumber keempat adalah Bapak Jemmi Andrian Matutina, S.Pd. dari SDN Sidakaya 04 Cilacap Selatan yang berbagi inovasi pembelajaran dengan judul POROGAPIT MURID MERDEKA. Platfor yang beliau gunakan dalam pembelajaran salah satunya adalah MPI yang bisa diakses dan dipelajari murid di rumah. 
Jemmi Andrian Matutina, S.Pd. dari SDN Sidakaya 04 Cilacap Selatan 


Webinar SERAYU ini mendapat respon yang luar biasa dari para peserta. Sejumlah 1.030 peserta bergabung dalam webinar ini, dapat dilihat dari rekap DAFTAR HADIR yang diisi oleh peserta. 
Berikut adalah testimoni dari salah satu peserta Webinar SERAYU.



Semoga apa yang sudah kami bagikan kepada para peserta dapat menjadi inspirasi.

Rekaman Webinar SERAYU


#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 2 Komentar Pengunjung Catatan Tami

25 Oktober 2023 pukul 18.43

Bukan hal mudah dalam melaksanakan pembelajaran di era ini, adanya berbagi praktik baik yg dilakukan oleh sahabat teknologi ini membuat saya merasa terinspirasi untuk mengubah pembelajaran dgn media pembelajaranyg lebih modern, namun tetap tidak melupakan media pembelajaran yg konvensional. Terimakasih sahabat teknologi kabupaten Cilacap...😍😍😍

Terima kasih Kang Iwan Priyatna atas Komentarnya di [WEBINAR] SERAYU
Arifah
25 Oktober 2023 pukul 20.15

Webinar yang sangat bermanfaat sekali,adanya kolaborasi sahabat teknologi yang berbagi praktik baik dalam pembelajaran sehingga sangat menginspirasi kami dalam memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran.Banyak ilmu yang didapat dari webinar ini.

Terima kasih Arifah atas Komentarnya di [WEBINAR] SERAYU