[VLOG] PembaTIK Level 4 Tahun 2023

Penulis: Tami Kemala Hari: Rabu, 25 Oktober 2023 Jam: 9:02:00 PM Label:

Selamat datang di dunia pembelajaran yang didukung oleh teknologi, di mana batasan tak ada lagi, dan pengetahuan berada di ujung jari. Pembelajaran di era 4.0 ini bukan hanya tentang menyerap informasi, tetapi juga tentang merancang solusi, berinovasi, dan berkomunikasi secara efektif.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, salam sejahtera, shalom, om swastiastu. Namo buddhaya, salam kebajikan, rahayu.

Saya Kemala Purna Utami, Sahabat Teknologi  Provinsi Jawa Tengah tahun 2023. Saat ini saya mengajar di SDN Sidamulya 01 Karangpucung, Kab.Cilacap, Jawa Tengah.

Saya akan berbagi pengalaman terkait implementasi pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi.

Pada pembelajaran Matematika materi mengenal bentuk benda, saya menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournamen (TGT) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pengajaran, belajar tim, turnamen, dan penghargaan tim. Dalam pembelajaran ini, saya memanfaatkan Kahoot, Quizizz mode kertas, dan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI). Selengkapnya DI SINI

Inovasi pembelajaran ini saya bagikan sebagai Bukti Karya di Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Selain itu saya juga membagikan dalam kegiatan berbagi praktik baik. Sebelumnya, saya telah melakukan audiensi dengan Kepala Sekolah, Pengawas sekolah, dan juga Koordinator wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan kec.Karangpucung, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Cilacap.

Alhamdulillah saya memperoleh dukungan untuk melakukan kegiatan berbagi praktik baik secara tatap maya maupun tatap muka, yang saya beri nama PETIK TEKI, Pembelajaran Tambah Asyik dengan Teknologi Kekinian.

Pertama, saya dengan sahabat teknologi dari Kab.Cilacap melakukan Webinar bersama MGMP TIK-Informtika SMP Kab. Cilacap, pada hari Jumat, 13 Oktober 2023 dan diikuti oleh 42 guru TIK SMP. Selengkapnya DI SINI.

Kegiatan berbagi yang kedua di sekolah saya, SDN Sidamulya 01 Karangpucung pada hari Senin 16 Oktober 2023 tentang penggunaan PMM dan diikuti 8 guru.

Kegiatan berbagi yang ketiga di SDN Ciruyung 03 pada hari Rabu, 18 Oktober 2023. Sebanyak 10 orang guru dan karyawan dengan semangat mengikuti kegiatan ini dan langsung mempraktikkan penggunaan Kahoot.  Selengkapnya DI SINI

Pada hari yang sama, saya melanjutkan kegiatan berbagi ke-4, di SDN Ciporos 06. 8 orang guru mengikuti kegiatan ini dan yang menarik perhatian mereka adalah penggunaan MPI. Selengkapnya DI SINI

SDN Pangawaren 02 menjadi lokasi dalam kegiatan berbagi ke-5 pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 dan diikuti 6 orang guru. Selengkapnya DI SINI

Jumat, 20 Oktober 2023 Webinar SERAYU menjadi Kegiatan berbagi dan berkolaborasi ke-6. Saya bersama sahabat teknologi dari Kab.Cilacap dan Papua menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Cilacap dan berhasil mengajak 1.030 peserta untuk bergabung dalam webinar ini. Selengkapnya DI SINI

Di hari yang sama, kembali berbagi yang ke-7 dalam Webinar BATIK VIRAL MODE ASIK yang difasilitasi oleh Sahabat PembaTIK Jawa Tengah. Sebanyak 51 peserta bergabung dalam webinar ini. Selengkapnya DI SINI

 

Inovasi dalam pembelajaran tidak hanya tentang apa yang kita tahu, tetapi juga tentang bagaimana kita berbagi pengetahuan dan pengalaman tersebut. Dengan berbagi dan berkolaborasi, kita terus mendorong batasan-batasan yang ada. Berbagi adalah cara untuk menggandakan kebahagiaan, dan berkolaborasi adalah cara untuk menggandakan pengetahuan. Bersama, kita memiliki kekuatan untuk mencapai lebih banyak hal. Mari kita Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar.


#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar

+ Komentar Pengunjung Catatan Tami + 3 Komentar Pengunjung Catatan Tami

30 Oktober 2023 pukul 20.41

Well done 👍

Terima kasih Fakhrudin Sujarwo atas Komentarnya di [VLOG] PembaTIK Level 4 Tahun 2023
30 Oktober 2023 pukul 23.57

Terimakasih bapak🙏

1 November 2023 pukul 16.29

Berbagi praktik yang luar biasa. Semangat selalu untuk melakukan inovasi dan kolaborasi.

Terima kasih Hani Dwi atas Komentarnya di [VLOG] PembaTIK Level 4 Tahun 2023