Pembelajaran dengan Memanfaatkan Quizizz Paper Mode

Penulis: Tami Kemala Hari: Minggu, 08 Oktober 2023 Jam: 3:33:00 PM Label:


Quizizz merupakan salah satu platform pembelajaran yang disajikan dalam bentuk kuis interaktif dan bisa digunakan sebagai kegiatan asesmen atau evaluasi. Salah satu fitur yang diberikan oleh Quizizz adalah Quizizz Paper Mode atau Quizizz mode kertas, yaitu mode permainan langsung dengan menggunakan barcode yang telah dicetak dalam selembar kertas, Fitur ini dapat digunakan untuk murid kelas bawah yang belum memiliki gawai. Untuk jenis soal yang digunakan di sini adalah soal dalam bentuk pilihan ganda.
Cara penggunaannya adalah:
  1. Guru membagikan kertas barcode kepada murid. Pada barcode sudah tertulis huruf A, B, C, dan D.
  2. Guru menayangkan soal Quizizz bentuk pilihan ganda melalui proyektor.
  3. Murid menjawab soal dengan cara mengangkat kertas barcode. Jika memilih jawaban A, maka huruf A diletakkan di bagian atas. Begitu pula untuk memilih jawaban B, C, atau D.
  4. Guru memindai jawaban murid menggunakan gawai. Dalam memindai, tidak harus dalam jarak yang dekat.
  5. Setelah semua jawaban murid dipindai, guru bisa menampilkan jawaban yang benar daan berapa murid yang menjawab benar maupun salah.

Beberapa kali saya menerapkan pembelajaran ini di kelas 1. Salah satunya yaitu pada pelajaran Matematika materi penjumlahan. Murid nampak sangat antusias dalam pembelajaran karena ada unsur permainan dan kompetisi di sini.


Video praktik baik ini saya dokumentasikan dalam akun youtube saya sebagai tugas akhir PembaTIK level 2 tahun 2023. Silakan mampir dengan klik di SINI.

Semoga praktik baik ini bermanfaat dan dapat menginspirasi rekan-rekan semua.

Terimakasih